Breaking News
Adz2you
Sistem Operasi : 4 Alur Proses Menghidupkan Komputer / PC

Sistem Operasi : 4 Alur Proses Menghidupkan Komputer / PC


     Alur Proses Menghidupkan Komputer  PC Laptop
     Proses Menghidupkan komputer melalui beberapa tahap, dimana dalam keadaan mati sampai komputer hidup ada 4 tahap. Beberapa tahap itu adalah Booting, BIOS, Sistem Operasi, dan Sistem Aplikasi. Lalu apa sih detail dari 4 tahap tersebut ? Di bawah ini kami uraikan pengertian serta penjelasannya.

A. Booting 

     Merupakan proses untuk menyalakan kembali perangkat komputer dimana apabila komputer tersebut dihidupkan, file-file yang akan menjalankan sistem operasi mulai dieksekusi. Proses booting dibedakan menjadi 2, yaitu :

1). Coold Booting, 
    Yaitu proses booting yang dilakukan dari keadaan komputer mati dengan cara menekan tombol Power. 
2). Warm Booting, 
     Yaitu proses booting yang dilakukan pada waktu komputer dalam keadaan hidup. Dilakukan dengan menekan tombol Reset atau dengan menggunakan kombinasi tombol "Ctrl + Alt + Del" pada keyboard dengan cara bersamaa.

B. BIOS
     Merupakan bagian dari sistem operasi yang digunakan untuk mengidentifikasi program dan memberi instruksi untuk hardware yang ada pada kompueter. BIOS memiliki fungsi yang sama seperti ROM. Untuk melihat tampilan BIOS, maka pada saat komputer dihidupkan dan melakukan setting konfigurasi, cepat tekan tombol Delete terus pada keyboard sampai tampilan BIOS muncul. Lalu beberapa hal yang mampu dilakukan oleh BIOS antara lain,
- Mengatur konfigurasi dasar komputer.
- Menjalankan sistem operasi.
- Mengidentifikasi dan pengujian terhadap perangkat keras ang terdapat pada komputer.


C. Sistem Operasi
      Sistem Operasi merupakan perangkat lunak untuk mengendalikan dan mengoordinasi kegiatan dari sistem komputer. Beberapa contoh sistem operasi yang digunakan antara lain sebagai berikut :

1. DOS (Disk Operating System)
     Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.

Keluarga DOS terbagi menjadi beberapa kelas, yakni:

a). MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
b). IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
c). DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
d). Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
e). Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
f). FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source.

2. UNIX
    Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user.

3. Linux
     Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Jadi Linux merupakan sistem operasi open source.

4. Mac OS
     MacOS, atau yang sebelumnya disebut OS X, adalah antarmuka grafikal sistem operasi yang dikembangkan dan disebarkan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini disediakan untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna.

5. WIndows
     Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

D. Sistem Aplikasi

      Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengerjakan tugas - tugas tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembagian program aplikasi secara umum adalah sebagai berikut :

1). Program Pengola Kata
Contoh Program pengolah kata adalah WordStar, Microsoft Word, WordPad, NotePad, dan lain lain.
2). Program Pengolah Angka
Contoh Program pengolah angka adalah Microsoft Excel, Lotus 123, dan lain lain.
3). Program Database
Contoh Program database adalah Microsoft Acces, Microsoft Visual Foxpro, dan lain lain.
4). Program Grafis
Contoh Program grafis adalah CorelDraw, Adobe Photoshop, Paint, dan lain lain.
5). Dan Lainnya.

     Demikianlah Pembahasan dari saya mengenai 4 Alur Proses Menghidupkan Komputer. Bagi kalian yang masih bingung tentang bab ini, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar. Dan apabila ada kesalahan dalam artikel saya, mohon untuk memberikan saran di kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini menjadi bermanfaat bagi kita semua. Dan jika kalian ingin mempelajari lebih dalam seputar Internet, kalian bisa membaca-baca artikel lain di blog ini. Atas Kunjungannya Terimakasih...

Tags :
Pengertian dan Penjelasan Booting Beserta Contoh
Pengertian dan Penjelasan BIOS Beserta Contoh
Pengertian dan Penjelasan Sistem Operasi Beserta Contoh
Pengertian dan Penjelasan Sistem Aplikasi Beserta Contoh
Kedudukan Booting pada Komputer
Kedudukan BIOS pada Komputer
Kedudukan Sistem Operasi pada Komputer
Kedudukan Sistem Aplikasi pada Komputer
Belajar Alur Proses Menghidupkan Laptop PC Komputer
Sebutkan Alur Proses Menghidupkan Komputer 

Jika Memberikan Komentar Yang Baik Saja Ya...
Terimakasih..
madasuke.blogspot.com